Rabu, 16 Oktober 2019

Cara Mengobati dan Mengatasi Bau Kaki

mengatasi bau kaki

Berbau kaki ialah keadaan tidak menyenangkan dimana telapak kaki membuahkan keringat terlalu berlebih yang selanjutnya terjebak di kaos kaki atau sepatu hingga mengakibatkan aroma yang tidak enak.

Diketahui jadi bromodosis di dunia kedokteran, berbau kaki dapat dirasakan oleh siapapun, tapi remaja, ibu hamil, lanjut usia, pasien penyakit jantung serta diabetes, dan orang yang alami depresi berat, lebih rawan untuk terserang keadaan yang disebabkan oleh perspirasi terlalu berlebih ini.

Berbau kaki umumnya tampil di waktu kanak-kanak atau remaja, tapi dapat bertahan sampai waktu dewasa jika tidak diatasi dengan pas. Untuk menahan berbau kaki membuat Kamu tidak yakin diri serta berefek jelek pada kehidupan sosial serta profesional Kamu, kerjakan beberapa cara hilangkan berbau kaki tersebut dengan teratur.

Ketahui beberapa pemicu berbau kaki.

Menyembuhkan berbau kaki
Menurut Dr. Erika M. Schwarts, DPM, FACFAS, dari American Prodiatric Medical Association, telapak kaki manusia mempunyai seputar 1/2 juta kelenjar keringat yang dapat membuahkan keringat dalam jumlahnya besar. “Ketika Kamu menggunakan kaos kaki serta model sepatu safety , keringat terjebak di dalamnya. Bakteri serta jamur dapat tumbuh di type lingkungan yang hangat serta lembab semacam ini, serta dapat mengakibatkan aroma tidak enak,” terangnya.

Bakteri di sepatu tetap tumbuh bila sepatu kembali dipakai sebelum seutuhnya kering. Walau Kamu memakai sepatu itu di esok harinya sesudah mandi, berbau kaki tetap meneror Kamu di selama seharian.

#Mencuci kaki
Untuk seutuhnya hilangkan berbau kaki, Kamu harus memerhatikan dua hal sekaligus juga: kebersihan telapak kaki, serta kebersihan kaos kaki serta sepatu. Banyak orang berpikir jika membersihkan telapak kaki pada saat mandi cukup sudah untuk jaga kebersihannya, tapi kenyataanya berlainan.

Dr. Mark A. Kosinski, DPM, FIDSA, Professor di New York College of Podiatric Medicine, menerangkan jika untuk hilangkan berbau kaki, telapak kaki harus dicuci secara detail dengan sabun antibakteri tiap hari, dan dikeringkan secara detail dengan perhatian spesial ke ruang antara jari-jari kaki.

Kelembapan condong untuk bergabung di celah jari-jari kaki, jadi yakinkan untuk mengeringkan sisi itu secara detail tiap setelah mandi atau membersihkan kaki. Diluar itu, gunting kuku jari kaki Kamu dengan teratur untuk menghindarkan tumbuhnya jamur kuku.

Kulit yang mengeras di seputar kuku serta di ruang tumit sebagai lunak waktu lembab dapat juga jadi tempat baik buat bakteri untuk tumbuh. Oleh karenanya, gosok kulit-kulit mati serta yang mengeras dengan scrub yang memiliki kandungan antibakteri, tapi lalui langkah ini bila Kamu menanggung derita kulit pecah-pecah atau eksim.

#Merendam kaki
Ada banyak jalan keluar alami yang dapat digunakan untuk hilangkan berbau kaki. Beberapa cara tersebut akan memberi hasil paling baik bila diaplikasikan dengan aksi mencegah berbau kaki.

Garam
Merendam kaki dengan air garam sudah lama diakui bisa membunuh bakteri di kaki serta kurangi berbau kaki. Untuk mengerjakannya, campur garam, bila sangat mungkin garam kosher, ke air hangat dengan perbandingan 1:4 cangkir. Rendam telapak kaki sepanjang 10-15 menit serta keringkan secara detail.

Cuka
Cuka bisa membunuh jamur serta hilangkan berbau kaki sebab bahan alami ini membuat telapak kaki jadi lingkungan asam, dimana bakteri tidak bisa berkembang biak.

Untuk hasil paling baik, pakai cuka apel dengan perbandingan 1:2 cangkir air hangat. Rendam telapak kaki sepanjang 10 sampai 15 menit serta keringkan secara detail. Untuk hilangkan berbau cuka yang masih ada, Kamu dapat membersihkan kaki dengan sabun sebelum mengeringkannya.

Teh
Rendaman air teh salah satu jalan keluar alami paling baik untuk berbau kaki. Asam tannin yang terdapat dalam teh, khususnya teh hitam, bisa membunuh bakteri penghasil berbau kaki serta menolong tutup pori-pori kaki, kurangi jumlahnya keringat yang dibuat.

Untuk bikin air rendaman ini, celupkan dua kantong teh hitam ke tiga cangkir air panas. Nantikan sampai suhu air sampai suam-suam kuku serta rendam telapak kaki sepanjang 15 sampai 20 menit.

Kerjakan ini tiap hari sepanjang seputar 1 minggu untuk memperoleh hasil optimal.

Baking soda
Baking soda adalah jalan keluar efisien untuk hilangkan berbau kaki sebab menetralisir tingkat keasaman keringat serta kurangi bakteri di kaki.

Imbuhkan baking soda ke air hangat serta rendam kaki sepanjang 15 sampai 20 menit tiap malam sepanjang seputar 1 minggu. Diluar itu, Kamu dapat juga menaburkan baking soda dibagian dalam ke-2 sepatu serta kaos kaki sebelum memakainya.

Gula
Kombinasi gula dengan air sudah lama dipakai untuk hilangkan kulit mati serta berbau kaki. Campur gula, air, serta isopropyl alcohol (91%) dengan perbandingan 2:5:1, serta gosok kaki dengan kombinasi ini sepanjang 5 sampai 10 menit untuk hilangkan beberapa sel kulit mati serta bakteri. Selanjutnya, bersihkan kaki serta keringkan secara detail, serta kerjakan ini minimum 3x dalam satu minggu.

Menahan berbau kaki
Tidak hanya jaga kebersihan telapak kaki, pastikan jika sepatu serta kaos kaki yang Kamu pakai dalam kondisi bersih serta kering adalah hal penting. Kerjakan panduan di bawah ini untuk menahan berbau kaki menghantui:

  • Jangan memakai sepatu yang sama dalam dua hari beruntun sebab sepatu memerlukan minimum 24 jam untuk seutuhnya kering dengan alami. 
  • Yakinkan untuk mempunyai minimum dua atau tiga pasang sepatu hingga Kamu dapat memakainya dengan berganti-gantian tiap hari, khususnya bila cuaca sedang lembab atau hujan. 
  • Ubah kaos kaki Kamu minimum 1x satu hari, serta pakai kaos kaki yang memiliki bahan basic wol atau kapas sebab bahan ini memberi ruangan bernapas buat kaki. Sebaliknya, kaos kaki memiliki bahan nylon atau poluester dapat tingkatkan jumlahnya produksi keringat serta membuat berbau kaki. 
  • Jangan sampai memakai sepatu tanpa ada awalnya memakai kaos kaki sebab ini dapat mengakibatkan penimbunan keringat serta sangat mungkin perkembangan bakteri. 
  • Bersihkan kaos kaki Kamu dengan air panas serta sabun dengan membaliknya terlebih dulu. Ini akan pastikan kebersihan serta kondisi kering yang lengkap sampai ke pojok dalam kaos kaki. 
  • Pakai sandal atau sepatu terbuka untuk acara yang sesuai dengan, hingga kaki tidak selamanya terjebak dalam sepatu bila sangat mungkin. Memakai sepatu kulit atau sepatu kanvas menolong tingkatkan ventilasi kaki. Bertelanjang kakilah di rumah, khususnya di cuaca panas, untuk memberi peluang kaki untuk bernapas lega. 
  • Gunting kuku jari-jari kaki dengan teratur untuk menahan penimbunan kotoran serta perkembangan bakteri. Gosok bersih beberapa sel kulit mati serta kulit yang mengeras untuk menahan kelembapan serta perkembangan jamur pemicu berbau kaki. 
  • Untuk orang yang benar-benar aktif serta cendrung membuahkan keringat dalam jumlahnya besar, pergantian pola hidup serta diet dapat menolong mengatur berbau kaki. Diet kaya karbohidrat halus dapat jadi sumber makanan yang baik buat bakteri serta jamur di badan hingga tingkatkan produksi keringat. Untuk kurangi berbau kaki, memperbanyak mengonsumsi protein, lemak sehat, serta karbohidrat kompleks. Kurangi mengonsumsi alkohol serta rokok dapat juga kurangi produksi keringat serta berbau kaki.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.